Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Busi Vespa Cepat Rusak

Penyebab Busi Vespa Cepat Rusak


Pasti semua pecinta motor skuter asal italia yakni vespa tak bisa jauh jauh dari yang namanya busi. Disebut seperti itu karena pada kenyataannya dilapangan, memang motor vespa terkenal bermasalah di bagian businya.

Memang busi bisa diganti setiap saat karena selain harganya yang juga terjangkau kantong, juga cara penggantiannya sangat mudah, kita pun bisa menggantinya sendiri dirumah ataupun di perjalanan jika vespa mengalami masalah di bagian busi-nya. Tapi ada sebagian orang yang risih dengan ritual gonta ganti busi seperti ini, selain itu sering mengganti busi pun lama lama juga bisa bikin kantong bengkak tanpa kita sadari bukan ?.

Nah jalan satu satunya agar kita tidak telalu sering gonta ganti busi adalah dengan cara merawatnya dengan baik. Untuk bisa merawat motor vespa kesayangan agar busi tidak cepat rusak / mati adalah dengan memperhatikan beberapa poin penyebab busi cepat rusak dibawah ini.

  • Coil terlalu lemah
  • Listrik yang dihasilkan spul terlalu kecil
  • Kualitas Bensin yang kurang bagus
  • Platina / CDI yang udah lemah
  • Kualitas Oli samping yang rendah


Jika salah satu poin diatas tidak terpenuhi maka busi vespa pun akan gampang sekali rusak. Maka sebab itu alangkah baiknya kalian dapat mengontrol kelima poin diatas agar usia pakai busi bisa lebih lama.

Hal pertama yang bisa kalian lakukan adalah dengan menggunakan bahan bakar yang sesuai dengan kompresi mesin si motor vespa. Semakin bagus kualitas bahan bakar, proses pembakarannya akan lebih sempurna sehingga tidak meninggalkan kerak atau jelaga didalam ruang bakar.

Jangan lupa juga untuk senantiasa memelihara kualitas dari karburator vespa, karena semakin baik kualitas karbu dan setelannya, proses pembakaran juga akan menjadi lebih sempurna.

Kemudian yang ketiga adalah mengenai penggunaan oli samping karena vespa ini adalah mesin 2 tak yang membutuhkan oli samping sebagai campurannya. Dengan menggunakan oli samping yang berkualitas bagus, tentunya akan menghasilkan sedikit polutan dan tidak membuat ruang mesin cepat berkerak.

Yang terakhir adalah rajin rajinlah untuk membersihkan jelaga atau kerak yang kemungkinan menempel di bagian kepala busi. Kalian bisa membersihkannya dengan jalan merendamnya kedalam cairan bensin, kemudian menyikatnya dengan menggunakan sikat gigi, atau bila perlu bisa menggunakan sikat kawat yang halus untuk menghilangkan kerak yang membandel.

Nah itulah sedikit tips bagaimana cara merawat busi vespa agar tidak cepat mati. Semoga bermanfaat dan salam otomotif.