Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Membuka Drum Brake Mobil

Cara Mudah Membuka Drum Brake Mobil


Cara membuka rem tromol mobil atau dalam bahasa tekniknya drum brake memang gampang - gampang susah. Gampang bila mobil dengan sistem rem tromol ini sering dibuka atau mobil masih dalam kondisi baru sehingga bagian as tromolnya masih bagus. Susah apabila mobil kurang perawatan sehingga as tromol menjadi berkarat sehingga drum brake melekat pada as poros roda.

Dalam kondisi normal biasanya cukup menggunakan baut ukuran 10/12/14 dan masukkan kedalam lubang khusus tracker yang biasanya sudah tersedia di bagian drum brake. Tapi jika tromol terlalu lengket biasanya metode tracker seperti ini akan gagal, baut akan patah sehingga membuat mekanik yang belum begitu mahir jadi semakin kelimpungan.

Lalu bagaimana untuk melepas drum brake yang susah seperti ini ?

Kalian bisa melakukan beberapa treadment guna membantu mempermudah proses pembukaan rem tromol mobil yaitu dengan cara menyemprot cairan perontok karat seperti penetrant, WD40 maupun cairan sejenis dan tunggu beberapa saat agar karat menjadi lembek dan mudah dirontokkan. Setelah itu gosok bagian karat tadi dengan menggunakan kertas amplas maupun capy untuk merontokkan karat yang menempel.

Selanjutnya kalian bisa mencoba cara extreem yakni memukul bagian tepi tromol menggunakan palu dengan kekuatan penuh beberapa kali, hal ini berguna untuk membuat drum brake menjadi bergetar dan terlepas dari karat yang terlanjut melekat tadi. Jika sudah terlihat sedikit mengangkat, kalian bisa mencoba congkel bagian bibir drum brake menggunakan obeng minus ukuran besar.

Namun bila cara diatas sudah dilakukan, drum brake sudah bisa ditarik namun masih nyangkut, biasanya hal ini disebabkan karena permukaan drum tidak lagi rata alias sudah tergerus oleh kampas rem yang berkualitas buruk. Untuk langkah selanjutnya adalah dengan jalan membuka cover penyetel sepatu rem ( hole brake ajuster ), Beberapa model yang familiar di indonesia terdapat di bagian belakang namun ada pula yang di bagian depan, nah buka penutup tadi dan kendorkan penyetelnya sampai full dan lakukan percobaan pencopotan kembali.

Nah sangat mudah sekali bukan untuk mencopot drum brake rem tromol mobil setelah membaca sedikit pengetahuan diatas ? semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk di share dan membantu blog ini untuk lebih berkembang lagi, terimakasih :)